Headlines News :
Home » , » Ini 10 Penyebab Mobil Terbakar

Ini 10 Penyebab Mobil Terbakar

Written By Unknown on Tuesday, April 2, 2013 | 1:58 AM


Inilah malapetaka yang paling ditakuti pemilik mobil. Bayangkan, hanya dalam 10 menit, kendaraan sudah bisa menjadi kerangka. Di Jakarta sendiri telah terjadi 10 kasus mobil terbakar. Terbakarnya sebuah mobil dikarenakan oleh dua faktor. Pertama : adanya pemantik dan kedua : bersentuhan dengan bahan bakar. Selain itu, konsleting pada kabel juga bisa memercik api dengan mudah. 

Berikut adalah 10 penyulut kebakaran pada kendaraan

  1. Kabel terkelupas. Bisa jadi masalah timbulnya api berasal dari sini. Kondisi mobil yang tidak stabil membuat kabel yang sudah rapuh saling bergesekan, sehingga menimbulkan sobekan pada kabel, bila kabel yang terkelupas saling bergesekan maka akan menimbulkan percikan api. Ciri khas bila kabel yang terkelupas memercikkan api adalah ada aroma bau sangit. Bila sudah tercium, segera pinggirkan kendaraan. 
  2. Kabel paralel bertumpuk pada aki. Biasanya kabel paralel pada aki terkadang tidak kencang pengikatannya (baut), sehingga korsleting kerap terjadi. Agar aman, soket kabel atau baut pada aki sering diperiksa. 
  3. Besar kabel tidak sesuai. Kabel sangat riskan jika tidak menggunakan tipe yang tepat. Karena setrum kabel mempunyai daya yang berbeda. Akibat salah mengaplikasi, kabel bisa memuai dan api dapat menjalar ke seluruh bagian mobil. 
  4. Selang bensin bocor. Terutama untuk mobil yang sudah berumur. Selang bensin cuma bermaterial seratkain, jadi gampang rapuh atau robek. 
  5. Karburator. Untuk mobil yang masih menggunakan karburator, jangan menggunakan air filternya yang terbuka. Hawa bensin terkadang tembus melewati celah-celah kecil dari boks air filter. Bahayanya, ada kabel yang lecet dan bergesekan lalu terkena hawa bensin. 
  6. Pipa knalpot yang bocor. Terutama yang melewati di bawah tangki bensin. Karena terkena hawa panas, bensin akan ikut menguap. Secara tidak langsung dapat pula menyebabkan terbakar, walau membutuhkan waktu lama.
  7. Oli bocor. Mobil yang telah mengalami modifikasi mesin, penggunaan wraping (pembungkus antipanas) pada header memang wajib. Tetapi teliti dahulu apakah ada cipratan oli dari blok mesin atau bagian lain yang dekat dengan header atau knalpot.
  8. Mesin mobil yang sudah di modifikasi. Mobil yang mesinnya sudah dimodifikasi, disarankan memakai selang bensin yang berkualitas. Apalagi bahan bakar mobil yang dipakai adalah bensinl, sebaiknya pakai selang yang bermerk dengan serat karbon atau baja. 
  9. O-Ring injektor. Karet atau selang o-ring injektor harus fleksibel. Jika sudah keras, cepat ganti untuk mencegah kebocoran. 
  10. Setrum kabel busi bocor. Sangat riskan menimbulkan percikan api, bila terkena tetesan bensin.
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berita Otomotif - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger